Fungsi Chronograph dan Tachymeter pada Jam Tangan


Apa itu chronograph dan tachymeter? Mungkin sebagian teman-teman bertanya begitu. Bagi teman-teman yang memiliki jam dengan fitur chronograph dan tachymeter sebaiknya tahu fungsi fitur tersebut agar tidak mubazir. Fitur tersebut bukan hanya untuk memperindah tampilan jam saja, tetapi mempunyai fungsi yang mungkin sangat berguna bagi pemiliknya.

Chronograph

Banyak orang rancu antara chronograph dan chronometer, yang sering rancu adalah jam bertuliskan chronometer di sebut sebagai jam chronograph karena mirip, padahal kedua kata tersebut merujuk pada dua hal yang berbeda

jam dengan sertifikasi Chronometer
jam dengan sertifikasi Chronometer

Chronometer adalah alat pencatat waktu yang cukup tepat untuk dapat digunakan sebagai standar waktu portabel, biasanya digunakan untuk menentukan bujur dengan cara navigasi selestial. Dalam dunia jam tangan, istilah ini juga sering digunakan ke jam yang telah dites dan diberikan sertifikat karena telah lulus standar ketepatan. Di Swiss, hanya jam yang diberi sertifikat oleh COSC yang dapat menggunakan kata Chronometer pada jamnya. Bagaimana cara mengujinya agar dapat sertifikat chronometer akan kita bahas di artikel berikutnya.

Sedangkan chronograph berasal dari kata Yunani untuk waktu dan menulis (“chronos” dan “grafik“). Sebuah arloji chronograph adalah jenis jam tangan yang dapat bertindak sebagai stop watch, pengukuran interval waktu ketika menekan tombolnya di kedua sisi dari crown.

Chronographs dapat melacak berlalu waktu (detik, menit dan – pada beberapa model – bahkan jam berlalu), serta waktu, ada beberapa chronographs yang juga dapat merekam fraksi yang kedua. Hal ini dicapai dengan menggunakan dial khusus atau skala di pinggir dial jam itu. Sebuah chronograph digital mampu membaca 1 / 100 dari sebuah chronograph, kedua kuarsa – 1 / 10 detik, dan mekanik – 1 / 5 per detik.

Tachymeter

Jika anda membeli jam tangan dan dilingkar luarnya (bezel) terdapat banyak angka-angka, paling besar tertulis 500 diatas dial angka 1 dan paling kecil 60 diatas dial angka 12 pasti anda juga akan mendapati tulisan tachymeter yang menunjukkan satu skala.

Tachymeter ini didasarkan pada teknologi chronograph juga. Bedanya adalah teknologi ini didasarkan pada fungsi konversi. Misalnya konversi berapa lama jarak tempuh, atau kecepatan rata-rata mobil. Cuma, tachymeter ini hanya akurat dari detik ke 7,2 – 60 detik pertama. Cara konversinya juga cukup mudah, berikut ilustrasinya.

Jika kita ingin tahu kecepatan rata-rata mobil kita dengan teknologi tachymeter, kita bisa lakukan dengan langkah berikut. Setelah nyalakan chronograph kita, pacu mobil sejauh 1km. Nah, misalkan ternyata dengan jarak 1km itu, waktu tempuh kita adalah 36 detik, di layer tachymeter kita sudah terdapat konversi bahwa 36 detik itu berarti 100. Jadi artinya, Kecepatan kita adalah 100km/h. Atau semudah seperti kita hitung dengan rumus matematika. Tachymeter ini juga dapat digunakan untuk menkonversi hal-hal lainnya, tetapi lebih sering berhubungan dengan jarak tempuh.

Lalu, bagaimana mengukur benda yang lebih cepat dari 7,2 detik, atau lebih lama dari 60 detik? Caranya mudah, kamu tetap saja menggunakan cara yang seperti biasa, namun dengan mengkonversi hasilnya. Misal anda ingin mengukur lari teman anda dalam jarak 100 meter, saat menggunakan tachymeter berhenti di angka “9” (45 detik) >> 80 km/jam, namun karena teman anda hanya menempuh 100 m atau 100m/1000m = 0,1 dari 1 km, maka kecepatan teman anda harus juga di kalikan dengan 0,1 yaitu 8 km/jam.

Bagaimana Jika untuk benda yang sangat cepat, roket misalnya? saat kamu memencet tombol arloji kamu, menunjukkan angka “4” (20 detik) >> 180 km/jam, karena roket itu menempuh jarak 10 km, maka hasil perhitungan anda harus tetap di kalikan 10 menjadi 1800 km/jam.

Aplikasi lain dari tachymeter ini bisa saja untuk mengukur unit yang diproduksi dalam satu jam. Misalnya kita mengukur berapa banyak barang yang diproduksi selama satu jam. Jalankan saja chronograph dan anggaplah setelah 10 unit kita menghentikan pengukuran dan jarum stopwatch menunjukkan angka 45 detik. Skala tachimeter menunjukkan angka 80. Kalikan saja angka 80 tersebut dengan 10, dengan begitu kita mendapatkan angka 800 unit yang diproduksinya setiap jamnya.

Itulah sedikit contoh cara penggunaan tachymeter. Tachimeter dirancang independen terhadap satuan (kilometer per jam, mil per jam, atau bahkan unit yang diproduksi per jam.

About these ads

Tentang diantaragesang

hanya manusia biasa yang mencoba untuk belajar melihat dunia
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

42 Balasan ke Fungsi Chronograph dan Tachymeter pada Jam Tangan

  1. Ping balik: Bagaimana Sebuah Arloji mendapatkan Sertifikat Chronometer | deeanpersonalblog

  2. Android Phones berkata:

    Great article. I’ve enjoyed this contribution. Its nice to see every questions answered in a blog post like this. I will add this post on my blog and link to it. Thanks for a clear informative post, I’ve learned a lot. I hope to see videos though as I can be A.D.D and reading articles is not my favorite thing to do online. So what I do sometimes is just print the whole thing and read offline.
    Android Phones

  3. iwanjo berkata:

    Pengetahuan yang sangat berguna, sebab selama ini kita hanya bisa melihat dan bertanya tanya apa itu chronograph, chronometer dan tachymeter. thanks

  4. shania berkata:

    baru tau fungsi tachymeter di jam ku…. :D

  5. ternyata kalo tidak tahu jadi mubadir…heheh
    terimakasih atas infonya.

  6. cintabella berkata:

    salam dari perusahaan casio di jakarta http://jamedifice.blogspot.com. blog penjualan resmi dari saya di pt kasindo graha kencana baik untuk usaha sendiri, organisasi maupun pribadi yang disertai dengan harga resmi perusahaan kami

  7. bepe berkata:

    “Aplikasi lain dari tachymeter ini bisa saja untuk mengukur unit yang diproduksi dalam satu jam. Misalnya kita mengukur berapa banyak barang yang diproduksi selama satu jam. Jalankan saja chronograph dan anggaplah setelah 10 unit kita menghentikan pengukuran dan jarum stopwatch menunjukkan angka 45 detik. Skala tachimeter menunjukkan angka 80. Kalikan saja angka 80 tersebut dengan 10, dengan begitu kita mendapatkan angka 800 unit yang diproduksinya setiap jamnya.”
    awalnya tanpa “logika tachymeter” hampir tidak percaya itungannya jadi semudah itu, tapi setelah membuktikan sendiri bahwa 3600/45*10=800, baru percaya…. nice blog mas

  8. Artikel yang sangat membantu. Terima kasih sudah berbagi :)

  9. mas atah berkata:

    Om mau tanya kl yg di jam expedition E6100 gimana bacanya?? Bagian 500 – 60 g ada.. Tp angka angka chronographnya ada

  10. komang berkata:

    bagus sekali infonya brow….

  11. DENY YUSRIZAL berkata:

    admin…saya mau tanya,,,,seiko yang warna kuning itu type seiko berapa ? berapa harganya sekarang ?

  12. Irfx Customs berkata:

    trus ada bezel jam yg bisa diputar2 itu kelebihannya apa dalam penghitungan tachymeter?
    o_o

    nice info btw
    (y)

  13. Herman berkata:

    Thx infonya berguna banget, jadi tau…..

  14. Islahudin berkata:

    terima kasih artikelnya.. bisa menambah ilmu

  15. bambang berkata:

    mantap.. txs

  16. mulya berkata:

    saya masih bingung cara menghitung tachy meter, karena menurut hitungan saya jika sebuah benda bergerak menempuh jarak 100meter dengan waktu 10 detik berarti kecepatan benda itu 10 meter per detik..alias 36000 m (36 KM) per jam.. kenapa menurut hitungan tachy meter menjadi 80km/jam, jadi mana yang benar?

    • Laras berkata:

      Hitungan tachy sudah benar… Krena jika itungannya 10 detik brarti jarum menunjukan angka antara 300 – 400 .. Bukan angka 80… Angka 80 tercapai apabila hitungan waktunya 45 detik

      • Henri Candra Manurung berkata:

        Bagaimana jika misalnya dengan jarak yang sama 100 meter namun waktu tempuh 70 detik? berapa kecepatannya berdasarkan tachymeter?

      • biluping berkata:

        dari tadi aku udah coba cari rumus untuk nilai 70 detik cuma belum dapat… tapi klo 90 detik itu hasilnya 45 , jadi tadi kan nilai 60 nilai tachymeternya 60 juga berarti kalau 70 detik, kira2 nilai tachymeternya sekitar 50an :D

  17. rushvaty berkata:

    Mantaaaaaaap informasinya…….maju terus gan….

  18. Om Gasat! berkata:

    cakep oom, nambah wawasan ini, salam kenal :razz:

  19. ardyanet berkata:

    wah info menarik…slama ini cm bs tau lwt wikipedia luar jd ttp gak mudeng…sm req artikel ttg beda movement arloji automatic n mekanik…thanx bos

  20. fadli ansyori berkata:

    alhamdulillah… ane baru ngerti

  21. Bobrilliant.com berkata:

    mencari jam murah ? kunjungi kami toko jam bobrilliant.com
    ada berbagai merek jam terkenal dengan garansi resmi 1 s/d 2 tahun lengkap dengan kartu garansi dan box exclusive.
    Berbagai fitur Tachymeter, Chronograph, Chronometer, dll.

  22. gs_jaya shop berkata:

    sangat bermanfaat infonya,
    mantab gan,……
    thejamtangan.com
    popularjamtangan.com

  23. jualarlojimurah berkata:

    Dari dulu cuman denger istilahnya doang. Baru dari website ini aku tahu maksudnya chronograph dan tachymeter. Ini sangat berguna bagi saya yang berjualan jam tangan

  24. thariq muslim berkata:

    Bookmark dulu aaah, nice info bro

  25. alie jejakpetualang berkata:

    info yg sngat mnarik…jdi tau fungsinya,bkn cma hiasan doang

  26. Ping balik: fungsi Chronograph | deviiaryantii227

  27. lim berkata:

    Mau tanya cara men sett alarm pada jam tangan seiko, kurang lbh spt gambar jam tangan merk seiko diatas…berhubung di manual book nya tdk menjelaskan scr detail..terima kasih

  28. saputro321 berkata:

    ane punya tips nih tentang bagaimana cara menghilangkan embun pada jam tangan, siapa tau saja bisa bermanfaat. http://vevnews.blogspot.com/2014/09/tips-menghilangkan-embun-pada-jam-tangan.html

  29. MedanWatch berkata:

    Penjelasan yang sangat bermanfaat. Ijin share ya gan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s