Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup Janganlah Merusak Alam


Alam jika kita berlakukan tidak baik maka akan murka dan menimbulkan berbagai kerusakan dan bencana yang merugikan kita sendiri. Bencana itu bisa berupa puting beliung, banjir, longsor dan bencana alam lainnya. Saat ini saja kerusakan alam sudah semakin parah, dirusak oleh kebutuhan hidup manusia.

akibat bencana puting beliung yang menimpa desaku

Desa ku, Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, desa yang dahulunya pemandangannya indah, dengan hawa yang dingin dan sejuk, kini menjadi panas, kering dan berdebu. Pepohonan ditebang, gunung dihancurkan, bebatuan dipecah, semua ini dilakukan demi perut dan tekanan ekonomi manusia, karena untuk mencari lapangan usaha lain terbilang sulit. Cara cepat yang bisa dilakukan masyarakat desa ku adalah dengan menambang batu gunung.

kerusakan alam akibat penambangan batu di desa ku

Penambangan batu ini pun dilakukan secara ilegal, tidak ada ijin dari pihak Pemkab. Penambangan yang dilakukan di desa ku ini merupakan penambangan dengan cara tradisional dan sederhana. Masyarakat melakukannya dengan peralatan seadanya dan tanpa memperhatikan faktor keselamatan mereka. Kecelakaan akibat penambangan ini sudah sering terjadi, bukan hanya cacat fisik akibat tertindih batu bahkan juga telah merenggut nyawa.

masyarakat Karanggupito dengan latar belakang kerusakan alam akibat penambangan batu

Penambangan batu di desa ku ini merupakan penghasil batu terbesar di area wilayah Madiun (CMIIW). Masyarakat sekitar tidak mempedulikan, bahwa pengambilan batu secara liar bisa merusak ekosistem lingkungan hidup. Kemiringan tanah yang diakibatkan pengerukan pun berpotensi terjadinya longsor. Pohon-pohon juga ditebang, sehingga penyerapan air tidak bisa berjalan normal. Tentu akan timbul masalah baru selain longsor, yakni banjir bandang.

Penambangan batu juga berakibat kerusakan infrastruktur jalan desa akibat dilintasi truk memuat batuan. Jalan desa hancur karena tonase truk, karena jalan desa di desain bukan untuk dilalui truck dengan beban besar.

jangan sampai bencana yang lebih besar dari ini menyapa dan mengingatkan kita akan kerusakan alam yang telah kita buat

Semoga saja mata pencarian masyarakat desaku sedikit demi sedikit dapat bergeser dari penambang batu ke usaha lain yang lebih ramah dan lebih peduli kepada alam. Hal ini dapat terjadi jika di dukung oleh pemerintah daerah dan pihak-pihak yang terkait untuk membuka lapangan pekerjaan dan pelatihan keterampilan untuk membuka peluang usaha lain.

Mohon share pendapat teman-teman semua….

Pemandangan alam yang indah di depan rumah ku

Tentang diantaragesang

hanya manusia biasa yang mencoba untuk belajar melihat dunia
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup Janganlah Merusak Alam

  1. Ipung berkata:

    terimakasih mas atas doanya buat mas tri,
    salam buat keluarga di karanggupito.
    tgl. 8 juni nanti tak teras setahun sudah beliau pergi.

  2. AREK NGLEBAK berkata:

    I LIKE.. JIKA SAJA PENDUDUK KARANGGUPITO BISA BERFIKIR PANJANG TENTUNYA MEREKA AKAN ENGGAN MERUSAK ALAM HANYA UNTUK RATUSAN RIBU MEREKA JUGA BERESIKO UNTUK BERTAUH DENGAN NYAWA…

  3. zaenalabidin berkata:

    perut versus alam, alam yang dikoorbankan. alam lingkungan juga bisa bicara, mana kala angin banjir dan bencana lain datang salah siapakah? perut yg rakus akan bilang alam ini tidak adil.

    so….tulisan yg bagus mas. sukses buat mas dian dan keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s