Si Putih Pakai Gas Nitrogen


Kemarin (8/8) lagi asik ngelus-ngelus si putih, eh…….. tiba-tiba ngelihat ada paku jahil menembus bannya. Setelah mandi, dan pake baju si putih diajak ke bengkel yang disarankan teman untuk menambal bannya. Sampai bengkel langsung minta tolong sama masnya tukang bengkel untuk menambal ban si putih, karena ban tubeless jadi nambalnya enggak lama, gak sampai 5 menit. Setelah selesai ditambal, masnya tukang bengkel nawarin untuk ngisi angin bannya si putih pake Nitrogen (N2).

Sebenarnya dah lama pengen nyoba ngisi angin ban pake nitrogen karena pernah baca-baca artikel tentang gas nitrogen ini untuk ban kendaraan. Nah sekarang kebetulan ditawari langsung dech saya iyakan sarannya mas tukang bengkelnya tersebut. Bengkel tempat nambal bannya si putih ini sebenarnya merupakan bengkel mobil dan setahu saya bengkel ini juga satu-satunya yang menyediakan pengisian gas nitrogen untuk ban kendaraan dikota saya.

alat pengisi nitrogen

Nich alat pengisi nitrogennya

Setelah selesai semua dan membayar biaya nambal ban + isi gas nitrogen (tarif pengisian gas nitrogen ini relatif terjangkau yaitu Rp. 15.000,- untuk ban depan belakang), langsung testdrive si putih. Ternyata memang terasa bedanya, ban motor terasa lebih empuk dibanding angin biasa.

Nah, berikut ini adalah kelebihan gas nitrogen untuk isi roda kendaraan :

  • gas nitrogen memiliki partikel yang lebih besar daripada angin biasa sehingga tidak mudah keluar dari pori-pori ban jadi tidak perlu sering-sering mengisi angin
  • berat molekul nitrogen lebih ringan dari molekul udara biasa
  • ban tidak mudah panas dan suhunya lebih stabil karena sifat nitrogen yang dingin dan tidak mudah bereaksi sehingga tekanan ban lebih stabil dan ban lebih aman untuk berkendara jarak jauh
  • ban lebih awet karena suhu karet ban relatif lebih dingin daripada menggunakan angin biasa.

Apabila tekanan gas nitrogen di dalam ban berkurang dan tidak ditemukan bengkel yang menediakan pengisian gas nitrogen maka kita dapat menambahkan dengan angin biasa,  sebagai langkah darurat. Tetapi setelah dapat menemukan bengkel yang menyediakan pengisian gas nitrogen maka sebaiknya angin di dalam ban dikuras ulang untuk diisi kembali dengan gas nitrogen murni.

Tutup pentil yang menggunakan gas nitrogen

Tutup pentil untuk ban yang menggunakan gas nitrogen, berwarna hijau kan....

Nah, apabila ban kendaraan  menggunakan gas nitrogen, maka tutup pentilnya akan diganti dengan warna hijau dengan tulisan N2 diatasnya sebagai penanda bahwa ban tersebut menggunakan gas nitrogen.

Tentang diantaragesang

hanya manusia biasa yang mencoba untuk belajar melihat dunia
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Si Putih Pakai Gas Nitrogen

  1. daru vixionr15 berkata:

    awas bannya terbang😆

  2. Bali Tour berkata:

    artikel yang bagus bro
    good information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s