Pengalaman Riding Malam Hari Dengan Lampu Utama Yang Tidak Optimal Saat Hujan Lebat


Lampu memang menjadi pemandu utama saat riding malam hari, apa lagi jika ditambah dengan hujan vital banget fungsi lampu. Tanpa penerangan yang optimal, riding malam hari saat hujan lebat sangat membahayakan, ini saya alami sendiri Jumat kemarin (25/11/2011) saat pulang dari rakor di kabupaten.

vixion yang dipake saat riding malam serta hujan lebat

Kebetulan hari itu si putih motor saya lagi dipinjam teman dan saya memakai motornya vixi merah marun tahun 2009 milik teman saya tersebut. Vixi tersebut memang sudah mengalami sedikit perubahan dengan mengganti stang dengan milik Byson dan shock depan diturunkan kurang lebih 2cm, ban depan diganti dengan ukuran 100/30-17 dan belakang 130/70-17 dengan velg masih asli bawaan vixi.

perubahan sektor setang dan shock tidak diikuti dengan seting ketinggian lampu utama

Saat perjalanan pulang dari rakor hari memang sudah mulai gelap. Lampu utama dinyalakan tetapi lampu utama terlalu pendek jaraknya. Lampu yang terlalu pendek ini memang menyusahkan, selama perjalanan saya menggunakan lampu jauh terus karena  lampu dekatnya kurang terang dan terlalu dekat serta menurut saya lampu jauhnya sama dengan lampu pendek si putih milik saya.

Sialnya ditengah perjananan menembus gelap malam dengan kondisi lampu yang kurang optimal itu hujan turun dengan lebatnya. Tanpa menggunakan jas hujan (karena lupa bawa jas hujan, hehehe…) saya nekat melanjutkan perjalanan dengan berbasah-basah ria dan dengan kecepatan cukup pelan karena takut nabrak dan keluar dari jalan. Dengan kecepatan yang pelan itu saja beberapa kali saya melindas lubang jalanan dan beberapa kali hampir keluar aspal, parahnya lagi saat di pertigaan dan perempatan jalan yang seharusnya belok saya kebablasan karena bener-bener gak kelihatan. Untung saja akhirnya sampai ke kontrakan dengan selamat walau seluruh badan basah kuyup.

Dari perjalanan tersebut saya mengambil pelajaran, lampu adalah pemandu utama saat perjalanan malam apalagi jika ditambah dengan hujan. Harus dipastikan selalu lampu utama memberikan penerangan yang optimal demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan kita.

Tentang diantaragesang

hanya manusia biasa yang mencoba untuk belajar melihat dunia
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pengalaman Riding Malam Hari Dengan Lampu Utama Yang Tidak Optimal Saat Hujan Lebat

Tinggalkan Balasan

